-->

PIES74 BLOG

BLOG TUTORIAL|SEO DAN BISNIS ONLINE

TIGA CARA MEMPERCEPAT KONEKSI INTERNET

Macet dan telat adalah sudah hal biasa di negara ini. mau pergi kemana-mana jalanan macet, dateng ke kantor telat karena macet, pergi sekolah telat...., dan apakah hal itu juga yang menimpa jaringan internet di negara ini...., oleh karena itulah, tutorial cara mempercepat koneksi internet sangat banyak bertebaran. tapi apakah semua cara mempercepta koneksi internet yang bertebaran di google benar-benar ampuh untuk mempercepat koneksi internet Anda ? belum tentu bukan.
dan oleh karena itulah, saya akan coba membagikan beberapa cara mempercepat internet. yang mungkin salah satunya bisa anda pake.

1. Cara Mempercepat Koneksi Internet dengan menggunakan Proxy

Akhir-akhir ini saya lihat banyak sekali teman-teman facebook saya yang membicarakan proxy, spontan saya tanya kepada mereka apa itu proxy dan fungsinya, mereka menjawab secara garis besar proxy adalah server yang menyediakan sebuah layana untuk meneruskan setiap permintaan kita kepada server lain di internet. Dan fungsi dari Proxy ini ya untuk mempercepat koneksi internet kita yang mayoritas kita kan mengakses server luar, seperti Blogger, Facebook, Twitter dan lain-lain.
Lalu bagaimana cara menggunakan proxy untuk mempercepat koneksi internet ?
Masuk ke Control Panel lalu pilih Network and Internet



  • Lanjutkan dengan mengklik Internet Option

  • Setelah malakukan klik pada Internet Option, maka Anda akan dibawa ke tab Internet Properties. Pada tab ini silahkan Anda klik Connections lalu double klik pada nama operator yang sedang Anda gunakan, dalam contoh ini saya menggunakan Indosat.

 Disinilah tempat Anda mengubah Proxy untuk mendapatkan kecepatan koneksi yang lebih cepat.
Cepat atau Tidaknya, Pengaruh atau Tidaknya, semua itu tergantung dengan proxy yang akan Anda pakai, jika menggunakan proxy premium jelas kecepatan yang akan Anda dapat akan jauh lebih cepat ketimbang proxy gratisan yang banyak beredar di Internet.


2. Cara Mempercepat Koneksi Internet dengan mengubah Port

Untuk melakukan pengubahan port, caranya tidaklah sama dengan mengubah Proxy, karena disini kita akan mengubah port komputer bukan port koneksi, caranya adalah sebagai berikut.
Buka Control Panel, lalu klik Hardware and Sound, dan pilih Device Manager



  • Klik pada Port (COM & LPT) lalu Double klik pada masing-masing port, di tab Port Setting silahkan Anda ubah setting bits per second menjadi 128000 dan ubah juga Flow Control menjadi Hardware. Lakukan hal ini untuk setiap port yang ada.
Dengan mengubah bit per second dari 115200 menjadi 128000 tentu saja hal ini akan membuat kecepetan membaca atau membuat 10% lebih cepat dari sebelumnya.


3. Cara Mempercepat Koneksi Internet dengan mengubah Bandwith

Perlu Anda ketahui, di setiap komputer yang bersistem operasi Windows, default dari bandwith itu sendiri dibatasi sebesar 80% atau dengan kata lain 20% Banwith sudah dipesan untuk Windows, dan untuk mengubahnya menjadi 100% atau memaksimalkannya, dibutuhkan sedikit perubahan gpedit. Caranya adalah sebagi berikut :
  • Ketik Win + R ( tombol dengan gambar Windows + tombol R ) lanjut dengan mengetikkan gpedit.msc dan klik Ok.

  • Lanjut dengan memilih Computer Configuration - Administrative Templates - Network - QoS Packet Scheduler

Double klik pada Limit Reservable Bandwidth, pilih menu Enable dan isi Bandwith limit dengan nilai 0



  • Terakhir, restar komputer Anda.
Saat saya menjadikan bandwith menjadi 100%, sejauh ini tidak ada masalah (gangguan) yang rasakan pada windows saya, justru, kecepatan koneksi meningkat menjadi Full Speed.
nah itulah gan kiranya 3 cara untuk mempercepat internet yang mungkin bisa agan dan aganwati gunakan. atau mungkin agan dan aganwati bisa baca juga bagaimana cara  mempercepat koneksi internet pada mozilla dengan addons

 




Baca juga: