-->

PIES74 BLOG

BLOG TUTORIAL|SEO DAN BISNIS ONLINE

TUTORIAL MENGGUNAKAN ADD-ON USER AGENT SWITCHER

add-on firefox,download mozilla firefox
User Agent Switcher merupakan addons firefox yang berguna untuk mengganti dan merubah user agent browser mozilla firefox dengan mudah dan cepat. Agar pengaya ini dapat digunakan, anda harus memasukan List User Agent dalam addons tersebut. Jika anda belum mengerti cara menggunakan addons user agent switcher dan belum memiliki list user agent, tutorial dari kang topjer berikut adalah tutorial yang sedang anda cari.
Tampilan add-on user agent switcher pada toolbar forefox
List user agent berbentuk file .xml yang berisi string-string user agent seperti user agent chrome, blackberry, nokia serta user agent mobile lainnya. Pengaya ini juga dapat mengganti user agent browser yang sedang anda gunakan dengan user agent lain sesuai keinginan anda.

PERLENGKAPAN DAN PERALATAN YANG DIBUTUHKAN :
  1. Browser mozilla firefox
  2. Add-ons user agent switcher
  3. List user agent switcher
  4. Secangkir kopi anget

Dapatkan Browser Mozilla Firefox

Bagi anda yang belum menginstal mozilla firefox, silahkan download dan install di komputer anda.
- Mozilla firefox versi baru
- Mozilla firefox versi lama

Download Add-ons User Agent Switcher

User agent switcher merupakan cara paling mudah untuk merubah user agent browser mozilla firefox. Dengan merubah user agent, kita dapat menyembunyikan dan mengganti identitas browser yang sedang digunakan.
Misalkan saja saat kang topjer mengakses facebook.com menggunakan mozilla firefox maka server facebook akan mengetahui jenis browser yang sedang kang topjer gunakan yaitu mozilla firefox.

memakai user agent blackberry


Facebook.com mendeteksi user agent firefox sebagai blackberry
Namun saat kang topjer menggunakan add-ons user agent switcher dan mengganti user agent mozilla menjadi user agent blackberry, maka secara otomatis server facebook akan menampilkan tampilan mobile facebook atau m.facebook.com karena web server facebook mendeteksi kang topjer sedang menggunakan blackberry untuk mengakses facebook.com.
Masih banyak manfaat yang dapat diambil dari merubah user agent menggunakan add-on user agent switcer.
Download user agent switcher add-on
Dari penjelasan contoh diatas dapat ditarik kesimpilan bahwa dengan mengganti identitas user agent browser, web server akan menampilkan halaman website sesuai user agent yang sedang digunakan oleh visitor atau si pengakses.

Import List User Agent Switcher

Setelah menginstal add-on user agent switcher untuk mozilla firefox, langkah selanjutnya adalah download list user agent. Cara memasukan daftar list user agent adalah dengan meng-import file yang berekstensi .xml.
Download List user agent (78.01 KB)

Setelah file useragentswitcher.xml tersimpan dalam komputer, langkah selanjutnya adalah meng-import user agent list tersebut.
  1. Pada mozilla firefox buka Tools » Add-ons dan pilih User Agent Switcher
  2. Pilih option pada User Agent Switcher
  3. Klik import pada User Agent Switcher Options
  4. Cari file useragentswitcher.xml yang sudah didownload
  5. Setelah ketemu klik Open
  6. Klik OK

Cara Mengganti User Agent Dengan Add-On User Agent Switcher

  • Pada mozilla firefox buka Tools » sorot Default User Agent kemudian pilih user agent yang akan digunakan lalu klik
  • Untuk memeriksa apakah user agent yang kita gunakan sudah berubah, buka http://whatsmyua.com
  • Untuk mengembalikan user agent seperti aslinya yaitu user agent mozilla firefox, caranya seperti tadi Tools » user agent yang sedang digunakan » klik Default User Agent
Apabila anda mengalami kesulitan dalam menggunakan add-ons user agent switcher untuk mengganti user agent mozilla firefox, silahkan tulis melalui komentar dibawah ini. Kang topjer selaku admin akan menjawab pertanyaan anda secepat mungkin.

Baca juga: