-->

PIES74 BLOG

BLOG TUTORIAL|SEO DAN BISNIS ONLINE

CARA MEMBUAT FILE IMAGE ISO

belajar komputer,software komputer,aplikasi komputer,sistem operasi komputer,tips dan trik komputer


Untuk mengantisipasi kerusakan CD/DVD OS Windows, alangkah baiknya OS tersebut dibackup atau dibuatkan cadangan. Namun, cara melakukan backup di sini tidak asal copy paste semua file yang ada dalam CD/DVD OS Windows ke hardisk. Karena kalau cara ini yang kamu lakukan, dijamin OS tersebut tidak akan bisa digunakan booting (setelah diburning ke CD/DVD). Diperlukan sebuah software burning, kamu bisa menggunakan Ashampoo, UltraIso, PowerIso atau Nero dan masih banyak lagi.

Dan yang paling praktis adalah menjadikan file backup OS Windows tersebut berekstensi image, bisa .iso, .nrg, .bin dan lain sebagainya. Jadi, jika suatu saat CD/DVD OS Windows itu rusak, kamu cukup burning dari file image ke CD/DVD atau dari file image ke USB Flash disk. Sebagai contoh, saya akan membuat file image (.iso) dengan menggunakan PowerIso, berikut ini langkah-langkahnya;
Download Power Iso di http://www.poweriso.com/download.htm, untuk full version-nya kamu harus membeli dengan harga kurang lebih US$29.95.Atau kamu bisa menggunakan Ashampoo Free
Instal dan jalankan Power Iso-nya.
Masukkan CD/DVD OS Windows ke dalam DVD ROOM, sebagai contoh saya akan menggunakan OS Windows 7.
Pilih Copy – Make CD/DVD/BD Image File.
Pada kotak dialog selanjutnya, pastikan Source drive-nya mengarah pada DVD ROOM yang sudah terdapat OS Windowsnya.
Kemudian pilih jenis image yang kamu kehendaki, bisa .iso file, .bin file atau .daa file.
Tentukan tempat penyimpanan file image dengan cara klik tanda […] tanpa tanda buka/ tutup kurung, yang ada di bawah opsi Advance Properties. Kemudian pilih drive D atau E sesuai kebutuhan. [untuk proses no. 5 - 7, bisa dilihat sebagaimana gambar di atas]
Selanjutnya klik Ok dan tunggu proses pembuatan file imge dengan poweriso selesai, kurang lebih memakan waktu 5 – 10 menit. Biasanya ini tergantung dengan speck komputer atau laptop yang kamu pakai.

MENGGUNAKAN ASHAMPOO BURNING STUDIO
Dan cara yang kedua yaitu dengan menggunakan Ashampoo burning studio
Download ashampoo dari https://www.ashampoo.com/en/usd/fdl
Kamu bisa memilih ashampoo burning studio free atau ashampooburning studio 12 free trial.
Jika memilih opsi yang kedua, kamu harus melakukan registrasi untuk mendapatkan lisensi 30 hari free full version, caranya;
Setelah selesai install ashampoo, secara otomatis akan terbuka sebuah tab baru di browser, jadi pastikan koneksi internet tetap aktif saat instalasi software tersebut.
Pada kotak dialog yang ditampilkan, masukkan email dan klik Request full version key.

belajar komputer,software komputer,aplikasi komputer,sistem operasi komputer,tips dan trik komputer

Ketik password untuk login, jika belum punya akun di ashampoo, secara otomatis informasi aktivasi akun akan dikirim ke email yang kamu masukkan tadi. Jadi buka akun email tersebut dan lakukan petunjuk yang ada.

belajar komputer,software komputer,aplikasi komputer,sistem operasi komputer,tips dan trik komputer

Setelah itu, full version key akan terlihat dan copy lalu paste di form yang telah disediakan, kemudain klik Active now.

belajar komputer,software komputer,aplikasi komputer,sistem operasi komputer,tips dan trik komputer


belajar komputer,software komputer,aplikasi komputer,sistem operasi komputer,tips dan trik komputer


Yang terakhir klik continue untuk mulai membuat file image dari OS Windows dan pastikan CD/DVD OS Windows tersebut sudah dimasukkan ke dalam CD/DVD room.
Jika kamu mengunakan opsi yang pertama, yakni ashampoo free, kamu tidak usah repot-repot meminta license key sebagaimana dijelaskan di atas. Langsung menuju pada tahap pembuatan file imagenya.
Buka ashampoo burning studio 12, dan pada menu yang terdapat di sebelah kiri, pilih Disc Image – Create Image, kemudai klik Next. lihat pada gambar yang paling atas.
Pada kotak dialog selanjutnya tepatnya di Disc Image Path, klik Browseruntuk menentukan tempat penyimpanan file image tersebut.
Sedangkan Disc Image Format, berfungsi untuk menentukan jenis format file image, sebaiknya pake ISO, lalu klik Next dan tunggu proses pembuatan file image dengan ekstensi .iso selesai.

Baca juga: