-->

PIES74 BLOG

BLOG TUTORIAL|SEO DAN BISNIS ONLINE

CARA MENULIS ARTIKEL BERKWALITAS DAN SEO FRIENDLY

cara menulis artikel berkwalitas dan seo friendly
Cara menulis artikel berkwalitas dan seo friendly ini adalah sebagai kelanjutan dari posting saya mengenai cara mudah research keyword.
Seperti yang telah banyak di bicarkan di forum ataupun group-goup facebook, para mastah di bidang seo mengatakan bahwa conten adalah raja. Oleh karena itu, alangkah baiknya seandainya kita para newbe memulai membuat blog dengan membuat artikel yang seo friendly. karena seperti telah saya sebutkan pada posting yang berjudul  newbe harus coba teknik seo ini, disebutkan disana seo adalah alat untuk mempopulerkan sebuah konten. jadi seandainya kita tidak bisa membuat artikel yang berkwalitas, apa yang mau dipopulerkan atau dengan kata lain buat apa kita belajar seo, seandainya konten yang kita buat masih jauh dari yang namanya berkwalitas. Dan saya pikir, kalau kita bisa membuat artikel yang berkwalitas, pengunjung akan datang dengan sendirinya. dan saya percaya akan hal itu.....
contoh, ketika kita mempunyai permata termahal di dunia, maka tanpa kita mempopulerkannya pun baunya akan banyak terendus oleh dunia. dan meskipun lama ( karena tanpa teknik seo ) akan banyak orang untuk sekedar ingin melihat ataupun ingin membeli permata itu. Dan mereka akan kembali pada dari tempat kita dengan kekaguman dan cerita tentang batu permata itu. tentu dengan cerita yang baik-baik....! Dan itulah nilai seo pertama kita dari konten yang berkwalitas. Orang yang telah berkunjung ke blog kita akan dengan senang hati menceritakan konten yang berkwalitas yang ada diblog kita pada forum,group fb dan lain sebagainya......
Dan cerita tadi akan menjadi sebaliknya seandainya terlalu mementingkan teknik seo tanpa membuat artikel yang berkwalitas. Orang-orang yang berbondong-berbondong mengunjungi blog kita karena teknik seo yang kita terapkan, akan kembali dengan kekecewaanya. dan yang lebih parah lagi, mereka akan mencertiakan kekecewaan akan kwalitas blog ktia di forum,group facebook dan lain sebagainya. he...he...! Oleh karena itulah menulis artikel atau konten yang berkwalitas dan seo friendly itu perlu diterapkan dalam hal kita membangun sebuah blog.
Dan karena cara membuat artikel yang berkwalitas lebih susah daripada cara membuat artikel yang seofriendly, maka saya coba akan share yang pertama dulu, yaitu cara membuat artikel yang seo friendly he..he..., langsung aja ke bawah ya gan...
  • Langkah pertama adalah silahkan anda tetapkan dulu artikel apa yang akan anda buat. jangan dulu memusingkan apakah artikel ini akan laku atau kaga....tapi menulis yang kita senangi itulah modal pertama untuk membuat artikel yang berkwalitas dan seo friendly.
  • Langkah kedua tentukan judul dari artikel yang akan kita buat tadi. Judul Artikel hendaknya mengandung kata kunci yang terpenting dalam artikel. Untuk Optimisasi Judul Artikel sebaiknya panjang judul artikel sekitar 5-7 kata karena jika terlalu panjang maka kerapatan kata kunci didalamnya semakin  berkurang. Tapi kalau memang musti panjang juga nggak apa-apa ko gan....! yang penting kita bisa berexpresi...., tidak ada yang bisa mengekang expresi termasuk seo.
  • Langkah ketiga, silahkan anda melakukan research keyword dengan judul artikel tadi. Supaya lebih simple gunakan cara mudah research keyword pada posting saya sebelumnya. 
  • Langkah ke lima, Gunakanlah tautan permanen Untuk menghindari ini agar URL Artikel lebih SEO Friendly dengan cara sebagai berikut,

1. Buatlah sebuah postingan baru dan lihat disamping kanan post settings ada pilihan Permalink


cara menulis artikel berkwalitas dan seo friendly

2. Kemudian buatlah permalink yang di inginkan atau sesuai dengan judul/title post. Klik Custom permalink untuk mengeditnya.Contoh seperti gambar :

cara menulis artikel berkwalitas dan seo friendly

Ada satu hal penting yang perlu diperhatikan: Jangan ada spasi. Beri hypen/strip (-) diantara setiap kata, sesuai jenis permalink Blogger.

3. Klik selesai/done  
  • Langkah ke enam, Label sangat penting untuk pencarian kategori artikel anda yang dicari oleh pengunjung. Pilihlah label yang  tepat untuk mendiskripsikan artikel yang di buat. Jika memakai lebih dari satu label pisahkan dengan koma. Jika blog anda bertema campuran dan tidak fokus pada satu topik, maka sebaiknya pasang gadget label pada sidebar untuk membantu aliran pagerank ke halaman-halaman artikel blog anda.
  • Langkah ke tujuh,  Pastikan meta deskripsi yang digunakan menggunakan kata kunci yang ada di artikel anda. Panjang meta deskripsi sebaikny150 karakter sudah memadai .Untuk mengaktifkan fitur meta Deskripsi silahkan lanjutakan membacanya he..he..
Untuk mempermudah memasang meta description pada setiap postingan blogspot ikuti prosedur berikut:
1. Masuk ke menu Settings (Setelan)
2. Pilih Search preferences (Preferensi penulusuran)
3. Pada bagian Meta Tags Description isikan deskripsi blog anda pada kolom yang tersedia

cara menulis artikel berkwalitas dan seo friendly

4. Klik Simpan/Save
Setelah anda melakukan langkah-langkah diatas maka sebuah menu baru akan otomatis ditambahkan pada saat kita membuat artikel baru. Buatlah sebuah artikel baru atau bisa dengan mengedit artikel lama. Pada bagian kanan kotak pengetikan akan bertambah satu menu yaitu Search Description/deskripsi penulusuran. Isikan description dari artikel anda dengan mengklik menu tersebut.

cara menulis artikel berkwalitas dan seo friendly

Manfaatkan menu tersebut pada setiap pembuatan artikel baru untuk Optimasi SEO Onpage blog anda. Tujuannya sangat penting agar artikel blog cepat terindeks oleh google dan meningkatkan visitors blog dengan syarat jika anda melakukannya dengan benar. Jangan lupa Memasang Permalink dan label seperti yang telah saya sebutkan di atas.

Langkah ke delapan, Dalam menulis artikel pastikan anda memasang gambar SEO Friendly di artikel anda karena pengunjung terkadang melakukan penelusuran melalui google image. Gambar SEO friendly hendaknya mengandung Alt Tag. Alt tag ini bertugas memberitahu Google tentang isi gambar, karena Googlebot belum bisa mengenali gambar caranya sebagai berikut,

1. Upload gambar pada postingan artikel anda.
2.Klik Properties maka akan muncul kolom isian Title text dan Alt text. Isikan kolom tersebut seperti contoh dibawah ini:
Title Text : Isi dengan Judul gambar. Contoh : Cara Optimasi Gambar Blog Agar SEO Friendly
Alt Text : Isi diskripsi gambar. Contoh: Cara Optimasi Gambar Blog Agar SEO Friendly
3. 3. Ukuran gambar bisa anda sesuaikan, jangan terlalu besar agar ringan ketika di load.
4. Klik OK. Selesai. 
  • Langkah kesembilan kita lanjut lagi gan.....
  • Langkah kesepuluh, Panjang Artikel Minimal 500 kata. Kata Kunci yang muncul pertama kali harus di Bold atau Italic. Setiap Kata kunci setidaknya diulangi 3 kali di dalam artikel. Gunakan bahasa yang baku agar kualitas artikel tidak berkurang dan mudah dibaca Googlebot. Buat satu frasa dengan kata kunci di dalam artikel dan beri tag Heading H2 atau H3. Tapi saya sekali tekankan, aturan-aturan teknik seo seperti diatas jangan jadi penghambat anda dalam berekspresi.....
  • Langkah kesepuluh, buatlah internal link dalam artikel yang anda buat.
  • Langkah kesebelas, silahkan anda baca postingan saya mengenai cara-cara agar artikel  cepat terindex oleh google . 
  • Langkah keduabelas, begitulah kiranya cara menulis artikel berkwalitas dan seo friendly, meskipun baru setengahnya...he...,he....











Baca juga: