-->

PIES74 BLOG

BLOG TUTORIAL|SEO DAN BISNIS ONLINE

CARA MIMILIH NICE UNTUK BLOG

menentukan nice untuk blog,panduan researc keyword
Cara memilih nice untuk blog-Pertanyaan yang kerap muncul ketika seseorang ingin membuat blog adalah, niche apa yang paling menghasilkan buat main blog english...., niche blog apa yang paling laris buat blog indo, keyword apa yang paling hot sekarang..., enaknya bikin blog apa ya.....he...he...

Padahal yang perlu diingat adalah, sesuatu itu akan laku seandainya sesuatu itu banyak yang membutuhkan. Oleh karena itu, seandainya kita bisa membuat sebuah blog yang  bisa memberikan banyak informasi tentang kebutuhan ataupun pemecahan masalah banyak orang, maka ane jamin blog itu akan laku. Dan sebaliknya, jika blog yang kita bikin itu hanya memberikan sedikit informasi tentang kebutuhan ataupun pemecahan masalah sedikit orang, maka ane jamin blog itu akan sepi.....( kaya punya ane nih kayanya....he..he...), Apalagi kalau blog yang kita bikin itu tidak berisi informasi yang dibutuhkan oleh siapapun.....

Jadi sebelum kita membuat sebuah blog, yang pertama-tama harus kita perhatikan dahulu yaitu nice daripada blog yang akan kita bangun itu. Buatlah nice blog yang berisi pemecahan banyak orang ataupun nice blog yang banyak dibutuhkan orang. Jadi kesimpulannya nice blog yang berisi pemecahan banyak orang ataupun nice blog yang banyak dibutuhkan orang, akan berbanding lurus dengan banyaknya pengunjung blog. Dan banyaknya pengunjung blog akan berbanding lurus dengan dollar he...he....

Ko jadi ngelantur ya gan....., kita lanjut gan..., tanggung

Pilih Niche -> Pilih Sub-Kategori -> Tentukan Produk (Buat Sendiri, Cari Produk Affiliate) -> Temukan Keyword (High Search, Buyer Keyword, Nama Produk, Low Competition) -> Buat Konten -> Publish & Sell

Teknik keyword research ini ampuh banget. Saya sendiri udah ngerasain manfaatnya. Tapi tentu aja, alur seperti ini bukan satu-satunya. Kata yang share teori itu gan...,

Sejauh yang saya pahami, bisnis adalah soal problem solving. Menyelesaikan masalah. Lebih tepatnya, memberikan solusi untuk masalah yang dihadapi orang banyak. Solusi yang bisa kita beri pada audiens, itulah inti bisnis kita.Contoh nih, ada orang kelebihan berat badan. Itu masalah dia. Apa solusi yang bisa kita beri untuk menyelesaikan masalah dia? Macem-macem. Bisa ebook berisi panduan diet (yang banyak tersedia di Clickbank), bisa pil pelangsing berat badan (yang offer-nya banyak tersedia di CPA network), bisa video senam, jamu singset, dan lain-lain.

Contoh lagi, ada orang nggak punya pacar (yang jomblo maaf ya  ). Apa solusi yang bisa kita kasih untuk menyelesaikan masalah dia? Macem-macem juga. Bisa ebook atau video tutorial soal cara nembak cewek (yang juga banyak tersedia di Clickbank), bisa berupa situs kencan (yang offer-nya juga banyak tersedia di CPA network), dan macem-macem. Atau mungkin agan dan aganwati bisa menawarkan diri agan juga bisa...., kalo memang agan dan aganwati masih jomblo..., tapi nggak deh..., ane yakin agan dan aganwati pasti belum punya pacar...., nggak jomblo...he..he...!! oh iya gan hampir lupa..., mungkin agan juga bisa sediain pisau gitu buat para jomblo akut...he...he...

Kita lanjut gan. nah, terus apa hubungannya sama keyword research?
Dalam metode keyword research umum, kita selalu berangkat dari: memilih niche, pilih sub-kategori, baru menentukan produk. Cara ini nggak salah. Tapi bakal lebih efektif (semoga) kalau dimodifikasi jadi:
Pilih Niche -> Pilih Sub-Kategori -> Cari Tahu Masalah Kebanyakan Orang

Jadi bukan berangkat dari produk, tapi berangkat dari masalahnya dulu. Cari tahu dulu, apa sih masalah si A? Oh, dia butuh referensi desain kamar mandi, soalnya lagi mau bangun rumah. Pertanyaan berikutnya, ada banyak nggak orang yang masalahnya kayak si A? Ternyata banyak banget. Akhirnya kita putuskan membuat website berisi ide-ide desain kamar mandi.
Inilah yang disebut dengan problem research.Pada asing dengan istilah ini? Jangan khawatir. Saya juga, pada awalnya. Tapi ini bakal jadi make sense banget kalau udah paham. Intinya bukan keyword research, tapi problem research. Bukan kata kuncinya yang kita riset, tapi masalah yang dihadapi orang-oranglah yang kita riset.

Di artikel itu ditulis, alur problem research adalah:
Pilih Niche -> Pilih Sub-Kategori -> Cari Tahu Masalah Kebanyakan Orang (Butuh Solusi Cepat, Cari Keyword) -> Tentukan Produk (Buat Sendiri, Cari Produk Affiliate) -> Buat Konten -> Publish & Sell
Beda dikit dengan alur keyword research biasa:
Pilih Niche -> Pilih Sub-Kategori -> Tentukan Produk (Buat Sendiri, Cari Produk Affiliate) -> Temukan Keyword (High Search, Buyer Keyword, Nama Produk, Low Competition) -> Buat Konten -> Publish & Sell

Intinya, cari tahu dulu masalahnya apa, pikirkan solusinya, kemudian tentukan produknya. Jadi produk dipikir belakangan, setelah kita tahu apa masalah orang-orang yang ingin kita cari solusinya. Produk ini bisa macem-macem, contoh: blog, forum, website, ebook, video tutorial, jasa, dan segala-galanya.

Contoh kasus #1:
Kita tahu bahwa Secondhand Serenade (band Amrik) habis release lagu baru. Video clip-nya nongol di YouTube. Di kolom komentar banyak yang mengeluh, susah cari chord gitarnya di internet. Belum ada yang share. Nah, ini adalah masalah/problem. Kebetulan nih, kita jago main gitar. Sekali denger lagunya Secondhand Serenade itu, kita udah tahu pasti kunci gitarnya. Langsung deh kita bikin blog baru. Postingan pertama kita adalah chord gitar lagu barunya Secondhand Serenade. Selesai posting, kita bikin komentar di video YouTube Secondhand Serenade yang isinya dalam bahasa Inggris kurang lebih: "Hai bro and sis, gue barusan bikin artikel tentang chord gitar lagu ini. Nih linknya: hxxp://blog-baru-ente [dot] com/chord-gitar-lagu-baru-secondhand-serenade." BOOM! Hari pertama, dijamin blog ente kebanjiran visitor. Kenapa? Karena ente berhasil menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi orang-orang.

Contoh kasus #2:
Kita tahu bahwa banyak banget yang pingin punya high quality blog berbahasa Inggris, tapi nggak bisa bikin artikel berbahasa Inggris. Setiap ada yang bikin thread tentang teknik ngeblog, yang komentar hampir seragam: "Ah, ane nggak paham bahasa alien." Atau, "Ah, ane nggak jago linggis-linggisan." Nah, ini adalah masalah. Apa solusi yang bisa kita kasih? Kebetulan kita jago nulis bahasa Inggris. Kita putuskan untuk membuka jasa penulisan artikel berbahasa Inggris di forum. Akhirnya kita kebanjiran order, bahkan sampai ngangkat 10 orang karyawan. Usaha kita sukses. Kenapa? Karena kita sudah menjadi solusi bagi masalah yang dihadapi orang-orang.

Tapi ingat gan...., harus yang dibutuhkan ataupun solusi untuk banyak orang. Jangan sampai tetangga agan yang bohai belum punya pacar anda jadikan nice blog anda...., ya..., yang bacanya cuman si bohai doang.....itupun kalo do’i suka online....kalo nggak....

Lanjut lagi gan.....
Terus gimana caranya cari tahu masalah yang dihadapi orang-orang?
Belajar jadi orang yang peka. Perhatikan orang-orang di sekitar kita. Perhatikan social media (hint!). Cari tahu apa yang sering mereka keluhkan di Facebook, Twitter, Path, dll. Ingat, keluhan = masalah. Dan masalah =$$$....he..he..., enak banget ya kalo ngomong....

Perhatikan juga masalah yang ada pada diri sendiri. Ini bisa berpotensi menghasilkan $$$ juga. Tapi pastikan dulu masalah kita sama dengan masalah kebanyakan orang. Nah, udah paham kan? Mudah-mudahan paham dah. Kalau belum paham, coba baca 2-3 kali. Kalau belum paham juga, berarti emang nasib ente (piss gan!). atau mungkin kalo nggak paham-paham juga, coba permasalahan agan dan aganwati itu mungkin bisa dijadikan nice untuk buat blog...he...he..

Tips: Untuk dapetin ide niche, coba kunjungin Yahoo! Answers. Di situ isinya penuh dengan pertanyaan orang-orang yang "bermasalah." Kumpulin "masalah-masalah" ini, pikirkan solusinya, lalu pikirkan blog/web/produk apa yang bagus untuk dijadikan sebagai solusi permasalahan tersebut. Dan ingat, web kayak gini bukan cuma Yahoo! Answers. Ada banyak lainnya. List ~> hxxp://en.wikipedia [dot] org/wiki/List_of_question-and-answer_websites

Catatan: Ngejalanin trik ini nggak bakal bikin ente dapet $1000 dalam semalam. $1000 dalam semalam itu mungkin banget, tapi butuh kerja keras berbulan-bulan, atau mungkin bertahun-tahun. Earning yang ente dapatkan dengan menjalankan trik ini bisa jadi lebih buruk daripada ketika ente menjalankan teknik keyword research biasa. Tapi setidaknya, dengan menjalankan teknik ini ente sudah berusaha memberi sumbangsih pada dunia dengan cara memberikan solusi bagi masalah orang. Which is, itu adalah sesuatu yang sungguh-sungguh mulia (menurut ane).

Baca juga: