Cara memilih nice untuk blog-Pertanyaan yang kerap muncul ketika seseorang ingin
membuat blog adalah, niche apa yang paling menghasilkan buat main blog
english...., niche blog apa yang paling laris buat blog indo, keyword apa yang
paling hot sekarang..., enaknya bikin blog apa ya.....he...he...
Padahal yang perlu diingat adalah, sesuatu itu akan laku
seandainya sesuatu itu banyak yang
membutuhkan. Oleh karena itu, seandainya kita bisa membuat sebuah blog yang bisa memberikan banyak informasi tentang kebutuhan ataupun pemecahan masalah banyak orang, maka ane jamin blog itu
akan laku. Dan sebaliknya, jika blog yang kita bikin itu hanya memberikan sedikit informasi tentang kebutuhan
ataupun pemecahan masalah sedikit
orang, maka ane jamin blog itu akan sepi.....( kaya punya ane nih
kayanya....he..he...), Apalagi kalau blog yang kita bikin itu tidak berisi
informasi yang dibutuhkan oleh siapapun.....
Jadi sebelum kita membuat sebuah blog, yang pertama-tama
harus kita perhatikan dahulu yaitu nice daripada blog yang akan kita bangun
itu. Buatlah nice blog yang berisi pemecahan banyak orang ataupun nice blog
yang banyak dibutuhkan orang. Jadi kesimpulannya nice blog yang berisi
pemecahan banyak orang ataupun nice blog yang banyak dibutuhkan orang, akan
berbanding lurus dengan banyaknya pengunjung blog. Dan banyaknya pengunjung blog
akan berbanding lurus dengan dollar he...he....
Ko jadi ngelantur ya gan....., kita lanjut gan...,
tanggung
Pilih Niche
-> Pilih Sub-Kategori -> Tentukan Produk (Buat Sendiri, Cari Produk
Affiliate) -> Temukan Keyword (High Search, Buyer Keyword, Nama Produk, Low
Competition) -> Buat Konten -> Publish & Sell
Teknik
keyword research ini ampuh banget. Saya sendiri udah ngerasain manfaatnya. Tapi
tentu aja, alur seperti ini bukan satu-satunya. Kata yang share
teori itu gan...,
Sejauh yang
saya pahami, bisnis adalah soal problem solving. Menyelesaikan masalah. Lebih
tepatnya, memberikan solusi untuk masalah yang dihadapi orang banyak. Solusi
yang bisa kita beri pada audiens, itulah inti bisnis kita.Contoh nih, ada orang
kelebihan berat badan. Itu masalah dia. Apa solusi yang bisa kita beri untuk
menyelesaikan masalah dia? Macem-macem. Bisa ebook berisi panduan diet (yang
banyak tersedia di Clickbank), bisa pil pelangsing berat badan (yang offer-nya
banyak tersedia di CPA network), bisa video senam, jamu singset, dan lain-lain.
Contoh lagi,
ada orang nggak punya pacar (yang jomblo maaf ya ). Apa solusi yang bisa kita kasih untuk
menyelesaikan masalah dia? Macem-macem juga. Bisa ebook atau video tutorial
soal cara nembak cewek (yang juga banyak tersedia di Clickbank), bisa berupa
situs kencan (yang offer-nya juga banyak tersedia di CPA network), dan
macem-macem. Atau mungkin agan dan aganwati bisa menawarkan diri agan
juga bisa...., kalo memang agan dan aganwati masih jomblo..., tapi nggak
deh..., ane yakin agan dan aganwati pasti belum punya pacar...., nggak
jomblo...he..he...!! oh iya gan hampir lupa..., mungkin agan juga bisa sediain
pisau gitu buat para jomblo akut...he...he...
Kita lanjut gan. nah, terus apa hubungannya sama keyword research?
Dalam metode
keyword research umum, kita selalu berangkat dari: memilih niche, pilih
sub-kategori, baru menentukan produk. Cara ini nggak salah. Tapi bakal lebih
efektif (semoga) kalau dimodifikasi jadi:
Pilih Niche
-> Pilih Sub-Kategori -> Cari Tahu Masalah Kebanyakan Orang
Jadi bukan
berangkat dari produk, tapi berangkat dari masalahnya dulu. Cari tahu dulu, apa
sih masalah si A? Oh, dia butuh referensi desain kamar mandi, soalnya lagi mau
bangun rumah. Pertanyaan berikutnya, ada banyak nggak orang yang masalahnya
kayak si A? Ternyata banyak banget. Akhirnya kita putuskan membuat website
berisi ide-ide desain kamar mandi.
Inilah yang
disebut dengan problem research.Pada asing dengan istilah ini? Jangan khawatir. Saya juga, pada awalnya. Tapi ini
bakal jadi make sense banget kalau udah paham. Intinya bukan keyword research, tapi problem research.
Bukan kata kuncinya yang kita riset, tapi masalah yang dihadapi orang-oranglah
yang kita riset.
Di artikel
itu ditulis, alur problem research adalah:
Pilih Niche
-> Pilih Sub-Kategori -> Cari Tahu Masalah Kebanyakan Orang (Butuh Solusi
Cepat, Cari Keyword) -> Tentukan Produk (Buat Sendiri, Cari Produk
Affiliate) -> Buat Konten -> Publish & Sell
Beda dikit
dengan alur keyword research biasa:
Pilih Niche
-> Pilih Sub-Kategori -> Tentukan Produk (Buat Sendiri, Cari Produk
Affiliate) -> Temukan Keyword (High Search, Buyer Keyword, Nama Produk, Low
Competition) -> Buat Konten -> Publish & Sell
Intinya,
cari tahu dulu masalahnya apa, pikirkan solusinya, kemudian tentukan produknya.
Jadi produk dipikir belakangan, setelah kita tahu apa masalah orang-orang yang
ingin kita cari solusinya. Produk ini bisa macem-macem, contoh: blog, forum,
website, ebook, video tutorial, jasa, dan segala-galanya.
Contoh kasus
#1:
Kita tahu
bahwa Secondhand Serenade (band Amrik) habis release lagu baru. Video clip-nya
nongol di YouTube. Di kolom komentar banyak yang mengeluh, susah cari chord
gitarnya di internet. Belum ada yang share. Nah, ini adalah masalah/problem.
Kebetulan nih, kita jago main gitar. Sekali denger lagunya Secondhand Serenade
itu, kita udah tahu pasti kunci gitarnya. Langsung deh kita bikin blog baru.
Postingan pertama kita adalah chord gitar lagu barunya Secondhand Serenade.
Selesai posting, kita bikin komentar di video YouTube Secondhand Serenade yang
isinya dalam bahasa Inggris kurang lebih: "Hai bro and sis, gue barusan
bikin artikel tentang chord gitar lagu ini. Nih linknya: hxxp://blog-baru-ente
[dot] com/chord-gitar-lagu-baru-secondhand-serenade." BOOM! Hari pertama,
dijamin blog ente kebanjiran visitor. Kenapa? Karena ente berhasil
menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi orang-orang.
Contoh kasus
#2:
Kita tahu
bahwa banyak banget yang pingin punya high quality blog berbahasa Inggris, tapi
nggak bisa bikin artikel berbahasa Inggris. Setiap ada yang bikin thread
tentang teknik ngeblog, yang komentar hampir seragam: "Ah, ane nggak paham
bahasa alien." Atau, "Ah, ane nggak jago linggis-linggisan."
Nah, ini adalah masalah. Apa solusi yang bisa kita kasih? Kebetulan kita jago
nulis bahasa Inggris. Kita putuskan untuk membuka jasa penulisan artikel
berbahasa Inggris di forum. Akhirnya kita kebanjiran order, bahkan sampai
ngangkat 10 orang karyawan. Usaha kita sukses. Kenapa? Karena kita sudah
menjadi solusi bagi masalah yang dihadapi orang-orang.
Tapi ingat gan...., harus yang dibutuhkan ataupun solusi
untuk banyak orang. Jangan sampai tetangga agan yang bohai belum punya pacar
anda jadikan nice blog anda...., ya..., yang bacanya cuman si bohai
doang.....itupun kalo do’i suka online....kalo nggak....
Lanjut lagi gan.....
Terus gimana
caranya cari tahu masalah yang dihadapi orang-orang?
Belajar jadi
orang yang peka. Perhatikan orang-orang di sekitar kita. Perhatikan social
media (hint!). Cari tahu apa yang sering mereka keluhkan di Facebook, Twitter,
Path, dll. Ingat, keluhan = masalah. Dan masalah =$$$....he..he...,
enak banget ya kalo ngomong....
Perhatikan
juga masalah yang ada pada diri sendiri. Ini bisa berpotensi menghasilkan $$$
juga. Tapi pastikan dulu masalah kita sama dengan masalah kebanyakan orang. Nah, udah paham kan? Mudah-mudahan
paham dah. Kalau belum paham, coba baca 2-3 kali. Kalau belum paham juga,
berarti emang nasib ente (piss gan!). atau mungkin kalo nggak
paham-paham juga, coba permasalahan agan dan aganwati itu mungkin bisa
dijadikan nice untuk buat blog...he...he..
Tips: Untuk
dapetin ide niche, coba kunjungin Yahoo! Answers. Di situ isinya penuh dengan
pertanyaan orang-orang yang "bermasalah." Kumpulin
"masalah-masalah" ini, pikirkan solusinya, lalu pikirkan
blog/web/produk apa yang bagus untuk dijadikan sebagai solusi permasalahan
tersebut. Dan ingat, web kayak gini bukan cuma Yahoo! Answers. Ada banyak
lainnya. List ~> hxxp://en.wikipedia [dot]
org/wiki/List_of_question-and-answer_websites
Catatan:
Ngejalanin trik ini nggak bakal bikin ente dapet $1000 dalam semalam. $1000
dalam semalam itu mungkin banget, tapi butuh kerja keras berbulan-bulan, atau
mungkin bertahun-tahun. Earning yang ente dapatkan dengan menjalankan trik ini
bisa jadi lebih buruk daripada ketika ente menjalankan teknik keyword research
biasa. Tapi setidaknya, dengan menjalankan teknik ini ente sudah berusaha
memberi sumbangsih pada dunia dengan cara memberikan solusi bagi masalah orang.
Which is, itu adalah sesuatu yang sungguh-sungguh mulia (menurut ane).